Popular Post

Selamat datang di www.correyananta.com, saya correy ananta selaku pembuat website ini merasa bangga ketika anda berkenan untuk berkunjung ke website saya. saya adalah seorang mahasiswa di surya university, saya mengambil program studi teknik fisika energi, kami disini lebih di fokuskan untuk belajar dalam membuat inovasi-inovasi yang baru dan efektif. inovasi-inovasi tersebut lebih ke peran penggunaan bahan bakar baru dan terbarukan, seperti geothermal, solar cell, hydro and ocean energy , dan wind energy.

Posted by : Correy Ananta Jumat, 23 Agustus 2013

 KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA Bahasa Indonesia Tahun 2013
1. BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. MembacaMemahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis/teks nonsastra dan nonteks (berbentuk grafik/tabel) artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks esai, biografi, pidato, dan berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentatif, eksposisi, dan persuasif). Menentukan isi/fakta/opini/arti kata/kalimat, rangkuman suatu bacaan/teks.
Menentukan kalimat utama/ide pokok/ kalimat penjelas.
Menentukan isi dan simpulan grafik/tabel.
Menentukan persamaan topik/perbedaan aspek pembahasan dari dua artikel.
Menentukan isi/keteladanan/keistimewaan  dalam teks biografi tokoh.
Menentukan masalah/tujuan penulis/opini penulis/keberpihakan dalam teks editorial.
Menentukan kalimat simpulan paragraf deduktif/induktif.
2. MenulisMengungkapkan gagasan, pendapat, perasaan, informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi, argumentatif, persuasif, teks pidato, artikel, proposal, surat dinas, surat dagang, surat lamaran pekerjaan, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepaduan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan menyunting berbagai jenis wacana tulis. Melengkapi berbagai jenis paragraf (deskripsi/eksposisi/argumentasi/ persuasi/silogisme/analogi/generalisasi) dengan kalimat yang tepat.
Melengkapi teks dialog.
Menyusun paragraf padu
Menulis dan memperbaiki kalimat dalam surat lamaran pekerjaan.
Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasif.
Menulis  karya ilmiah (latar belakang/rumusan tujuan penulis/rumusan masalah)
3. KebahasaanMenerapkan berbagai komponen kebahasaan dalam berbagai bentuk tulisan. Mengidentifikasi jenis-jenis frasa.
Mengidentifikasi jenis-jenis klausa.
Mengidentifikasi jenis-jenis kalimat.
Menentukan pola kalimat.
Menggunakan kata berimbuhan.
Mengidentifikasi berbagai jenis makna kata(konotasi/denotasi, luas, umum, khusus, gramatikal).
Mengidentifikasi berbagai kata yang mengalami perubahan/pergeseran makna (homonim/homofon/ homograf/polisemi/sinestesia/peyorasi/ameliorasi/kata hias).
Menggunakan kata baku.
Menggunakan ragam bahasa resmi.
Menyusun paragraf padu (kohesi dan koherensi)
2. BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS)
NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. MembacaMemahami isi dan bagian-bagian paragraf suatu artikel teks nonsastra, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, biografi tokoh, serta berbagai bentuk dan jenis paragraf nonteks; memahami teks sastra berbentuk puisi lama, puisi baru, hikayat/sastra Melayu klasik, cerpen, novel, dan drama. Menentukan unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas.
Menentukan isi paragraf: fakta, opini, pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan penulis, arti kata/istilah, isi biografi.
Menentukan opini penulis dan pihak yang dituju dalam tajuk rencana/editorial.
Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram atau tabel.
Menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sastra Melayu klasik/hikayat.
Menentukan unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik novel/cerpen/drama.
Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi.
Menentukan isi puisi lama, pantun, gurindam.
2. MenulisMengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam berbagai jenis dan bentuk paragraf, teks pidato, surat resmi, dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, kepaduan, ketepatan kalimat, penggunaan bahasa, diksi, struktur kalimat, dan ejaan; mengungkapkan pikiran dan gagasan dalam bentuk puisi, cerpen, novel, drama, kritik, esai, dan resensi. Menulis paragraf padu.
Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang padu.
Melengkapi teks pidato.
Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata serapan, kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan, peribahasa.
Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata penghubung/istilah dalam paragraf.
Menulis surat resmi.
Menyunting kalimat dalam surat resmi.
Menulis judul sesuai EYD.
Menulis karya ilmiah (latar belakang dan rumusan masalah).
Melengkapi larik puisi lama/baru (dengan kata kias/berlambang/berima/bermajas).
Melengkapi dialog drama.
Menentukan kalimat resensi.
Menentukan kalimat kritik.
Menentukan kalimat esai.
3. SASTRA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. MembacaMemahami pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan membaca cerpen, novel, drama, hikayat, dan puisi. Mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen/novel/hikayat (watak tokoh/ pendeskripsian watak tokoh / kalimat pembuktian/ isi).
Menginterpretasi unsur ekstrinsik cerpen/hikayat(nilai moral/budaya/ agama/sosial).
Menganalisis unsur intrinsik cerpen/drama(penokohan/sudut pandang/isi bacaan/konflik).
Mengidentifikasi karakteristik hikayat.
Mengidentifikasi unsur intrinsik/ekstrinsik puisi/nyanyian (maksud/isi/amanat/makna lambang/ rima/majas/konotasi/nilai).
2. MenulisMengungkapkan pengalaman, pikiran, perasaan, dan informasi dalam puisi, cerpen, drama, hikayat; menulis esai dan kritik sastra, menulis aksara Arab Melayu, resensi. Menulis kata/kalimat dalam aksara Arab Melayu ke dalam aksara latin atau sebaliknya.
Melengkapi larik/bait puisi/pantun  dengan memperhatikan majas/diksi/rima.
Menuliskan maksud/isi puisi.
Melengkapi kutipan cerpen dengan kalimat yang sesuai (pelaku/peristiwa/ latar).
Memperbaiki kalimat yang tidak padu dalam cerpen.
Menyusun paragraf karya sastra sesuai urutan peristiwa.
Melengkapi dialog drama yang menggambarkan sifat/latar.
Menentukan kalimat kritik dan esai sastra.
Mengubah teks cerpen/novel/drama/hikayat menjadi teks lain.
3. KesastraanMengapresiasi komponen-komponen kesastraan dalam penelaahan berbagai karya sastra. Menentukan komponen kesastraan teks puisi(tema/amanat/makna/nilai-nilai/isi/majas/jenis).
Menentukan peribahasa dan ungkapan dalam kutipan novel/drama.
Menentukan komponen kesastraan teks naratif(tahapan alur/konflik/amanat, permasalahan).
Menentukan komponen kesastraan teks drama(tema/petunjuk/gaya bahasa)

 KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA Bahasa Inggris Tahun 2013
 BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)

NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. LISTENING (Mendengarkan) Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksionalsecara formal maupun informal dalam konteks kehidupan sehari-hari, terutama dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, news item, report, narrative, descriptive dan review. Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/ rinci dari sebuah percakapan interpersonal/ transaksional secara formal atau informal.
Menentukan respon yang tepat terhadap percakapan transaksional/interpersonal secara formal atau informal.
Menentukan gambar yang tepat sesuai dengan informasi yang ada di dalam percakapan interpersonal/transaksional secara formal atau informal.
Menentukan gambar yang sesuai dengan teks monolog yang diperdengarkan.
Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/ tersirat/rinci dari sebuah teks monolog yang diperdengarkan.
2. READING (Membaca) Memahami makna dalam wacana tertulis secara formal maupun informal dalam konteks kehidupan sehari-hari, dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion dan review. Menentukan gambaran umum atau informasi rinci/tersirat/tertentu atau makna kata/frasa/kalimat atau pikiran utama paragraph/ rujukan kata atau tujuan komunikatif dari teks fungsional pendek berbentuk  letter/e-mail.
Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/ rinci/tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement/brochure.
Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/rinci/tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif/pikiran utama paragraf/rujukan kata dari teks tertulis berbentuk news item.
Menentukan informasi tertentu/rinci/tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau gambaran umum/tujuan komunikatif/pikiran utama paragraf/ rujukan kata dari teks tertulis berbentuk recount.
Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/ tersirat/rinci atau tujuan komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat atau  rujukan kata/ pikiran utama paragraf dari teks tertulis berbentuk explanation.
Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/ tersirat/rinci atau pikiran utama paragraf atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/tujuan komunikatif dari teks tertulis berbentuk exposition.
Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/ tersirat/rinci atau tujuan komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran utama paragraf dari teks tertulis berbentuk review.
Menentukan gambaran umum atau pikiran utama paragraf atau informasi tersirat/tertentu/rinci atau tujuan komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata dari teks tertulis berbentuk discussion.
Menentukan gambaran umum/tujuan komunikatif/ pikiran utama paragraf atau informasi tersirat/rinci/tertentu atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata dari teks tertulis berbentuk report.
Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/rinci/tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata dari teks fungsional pendek berbentuk announcement/message
3 WRITING (Menulis) Mengungkapkan makna secara tertulis secara formal maupun informal dalam konteks kehidupan sehari-hari, dalam bentuk teks fungsional pendek  atau esai berbentuk recount, narrative, procedure, descriptive dan report. Menyusun beberapa kalimat secara acak menjadi sebuah teks berbentuk recount/procedure/narrative/ descriptive dan report.
Melengkapi 3 rumpang pada teks pendek berbentuk recount/ procedure/narrative/descriptive/report dengan kosa kata/frasa yang sesuai.  

- Copyright © CorreyAnanta.com - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -